General

5 Jenis Bubur Khas Indonesia Yang Lezat

Bubur Khas Indonesia – Indonesia memiliki ragam makanan khas yang cukup banyak. Dari Sabang sampai Marauke, terdapat banyak sajian-sajian kuliner yang khas.

Sajian kuliner khas Indonesia pun beragam rasanya, ada yang didominasi rasa manis, asam, asin, dan pedas. Karena memang di setiap wilayah di Indonesia, cita rasa khasnya berbeda-beda.

Salah satu sajian yang paling banyak dijumpai di Indonesia adalah bubur. Tapi jangan salah, karena bubur khas Indonesia sendiri ada banyak ragam dan variannya.

5 Jenis Bubur Khas Indonesia

Bubur adalah makanan yang paling banyak dijumpai, ada bubur ayam, bubur kacang ijo dan bubur lainnya. Tapi ada juga bubur khas Indonesia yang beragam isi sajiannya.

Bagi kamu yang ingin tahu apa saja bubur khas Indonesia yang lezat, mari simak informasinya berikut ini.

1. Bubur Kampiun

Bubur kampiun adalah bubur khas yang hanya ada di Indonesia. Bubur yang berasal dari Minangkabau ini memiliki rasa yang manis, dan terdiri dari beberapa jenis bubur.

Adapun jenis bubur yang terdapat di dalam bubur kampiun antara lain adalah, bubur sumsum, ketan hitam, kacang hijau, kolak ubi atau pisang, dan bubur candil.

2. Bubur Manggul

Bubur Manggul adalah bubur khas yang berasal dari Madura. Tekstur bubur ini lebih mirip dengan bubur merah putih, tapi bedanya rasanya tidak manis, melainkan gurih.

Bubur ini dibuat dari tepung beras, serunding gurih, dan diberi siraman sambal udang. Terkadang sebagai pelengkap, bubur Manggul juga disajikan dengan daun kemangi sebagai lalapan.

3. Bubur Ase

Bubur Ase adalah bubur khas yang berasal dari Betawi. Kata Ase sendiri berasal dari bahasa Betawi yang artinya asinan.

Penyajian bubur Ase cukup lengkap dan variatif. Karena untuk satu porsi bubur Ase, terdiri dari bubur nasi, sawi asin, toge, irisan wortel, lobak, sambal, tahu, kacang, kerupuk dan disiram dengan kuah semur tahu.

4. Bubur Jali

Bubur jali memang sudah jarang terdengar saat ini. Tapi bahan-bahan untuk membuatnya masih bisa didapatkan di pasar tradisional. Jali sendiri adalah sejenis tumbuhan biji-bijian yang mengandung karbohidrat.

Bubur ini biasa disajikan dengan kuah gula merah ataupun santan. Sementara untuk menambah cita rasa, terkadang juga ditambahkan irisan buah nangka.

5. Bubur Manado

Sesuai namanya, bubur khas Indonesia ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kelezatan bubur ini sudah merambah ke ranah internasional.

Penyajian bubur Manado terdiri dari bubur nasi, yang dicampur beragam sayuran seperti kangkung, kemangi, bayam, jagung, labu kuning, ubi dan singkong.

Biasanya sebagai pelengkap, bubur ini disajikan bersama sambal terasi dan ikan layang goreng sebagai lauknya.

Itulah dia 5 jenis bubur khas Indonesia, yang lezat dan tidak ada di negara lain. Kelezatan bubur tersebut memang sudah melegenda, karena merupakan resep peninggalan orang tua zaman dahulu.

Tags
Show More

Aditya Judit

Simak berita terbaru dari sudut pandang milenial hanya di Indozone.

Related Articles

Back to top button